Cara Download Aplikasi Catat Meter Terpusat PLN

Cara Download Aplikasi Catat Meter Terpusat PLN Sebagai petugas lapangan pegawai Perusahaan Listrik Negara (PLN) tentu anda harus melakukan pencatatan ke beberapa meteran masyarakat, yang dimana memiliki tujuan untuk dikirim hasil record meteran ke PLN pusat.

Seluruh petugas harus mencatat meteran listrik masyarakat, yang dimana banyak sekali pelanggan PLN yang harus mereka catat dan setiap pencatatan meteran listrik memang akan memerlukan waktu dan tenaga sebelum masuk ke PLN pusat.

Untungnya, PLN telah membuat inovasi bagi para petugas di lapangan, yang dimana akan mempercepat proses pencatatan meteran sehingga lapor ke pusat menjadi lebih cepat.

Inovasi untuk pencatatan meteran ini hanya bisa digunakan oleh petugas PLN yang terverifikasi saja  sehingga anda jika bukan pegawai PLN tidak bisa, untuk aplikasinya bernama Cater PLN atau catat meter terpusat PLN.

Lantas sebenarnya apa kegunaan aplikasi Catat Meter PLN ini? Simak penjelasan selengkapnya berikut.

Aplikasi Catat Meter Terpusat PLN

Cara Download Aplikasi Catat Meter Terpusat PLN

Aplikasi Catat Meter Terpusat atau ACMT merupakan inovasi terbaru dari PLN untuk mempermudah proses pengolahan data.

Aplikasi ini dibuat bertujuan untuk seluruh petugas lapangan mencatat meteran pelanggan yang masih menggunakan listrik konvensional (pascabayar). Sebabnya, ketika proses pencatatan meteran konvensional petugas memerlukan waktu yang lama dan data sampai ke pusat memerlukan proses yang cukup panjang.

Illustrasinya begini, petugas lapangan mencatat meteran masyarakat secara langsung, data catatan yang telah terkumpul akan disetorkan ke kantor PLN terdekat. Dari kantor PLN mereka akan merekap keseluruhan baru dikirim ke kantor pusat PLN.d

Belum lagi petugas lapangan akan direpotkan dengan birokrasi yang cukup ribet lainnya. Dari situ PLN membuat inovasi baru yaitu dengan membuat aplikasi catat meter terpusat.

Yang dimana pertama kali diluncurkan pada tahun 2021, ACMT PLN memiliki manfaat bagi petugas mulai dari pencatatan dilakukan secara digital lalu data yang berhasil di record langsung dikirim ke pusat secara otomatis.

Setiap data yang berhasil dicatat berupa data meteran listrik, foto meteran listrik bersama tag GPS yang tercantum secara otomatis, dan prosesnya cukup sederhana yaitu dengan hanya scan barcode yang ada pada meteran maka data berhasil diproses.

Namun, aplikasi ini tidak bisa digunakan secara sembarangan dan hanya pegawai yang terverifikasi saja bisa mengakses aplikasi ini. Petugas bisa mengaksesnya melalui website atau langsung mendownload aplikasinya.

Selain pencatatan meteran, ACMT juga memiliki fungsi lain, berikut fungsi aplikasi catat meter terukur.

Fungsi Aplikasi Catat Meter Terpusat

Cara Download Aplikasi Catat Meter Terpusat PLN

Karena aplikasi ini bertujuan untuk membantu petugas PLN lapangan tentu fitur atau fungsinya yang berhubungan dengan petugas dan pelanggannya. Jadi, bukan hanya catatan meteran saja namun ada fitur pada ACMT yang dapat dimanfaatkan oleh petugas.

Berikut fungsi aplikasi catata meter terpusat ACMT selain dari catat meteran listrik terpusat saja.

  • Review Penggunaan Listrik KWH
  • Rekapitulasi pemakaian KWH
  • Memuat informasi stand
  • Tercantum tunggakan dan saldo berjalan
  • Tercantum data-data master pengawasan
  • Memuat data master kontrol
  • Tercantum informasi mengenai tabungan dan giro pelanggan
  • Muat data koreksi pelanggan
  • Data RBM, koreksi RBM untuk pelanggan
  • Memuat data koreksi pelanggan
  • Menampilkan saldo
  • Cek tagihan rekening
  • Pengiriman faktur bisa melalui pesan
  • Memuat informasi tentang gangguan, KWH terbalik, KWH maksimum dan pengecualian atau kesalahan seperti KWH idle.

Dan masih banyak fitur lain untuk mempermudah petugas di lapangan. Nah, untuk cara install ACMT anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini. https://portalapp.iconpln.co.id/acmt/

Cara Install Aplikasi Catat Meter Terpusat ACMT PLN

Perlu diperhatikan, jika memang anda bukan seorang pegawai atau petugas PLN yang terverifikasi tidak bisa menggunakan aplikasi ini, yang membuat percuma untuk mengikuti langkah ini. 

Dan juga, aplikasi ACMT PLN tidak tersedia di platform download aplikasi seperti Play Store.

Alasannya karena aplikasi ini tidak untuk umum, dan langkah download APK nya bisa melalui situs portal app PLN, untuk langkahnya sebagai berikut.

  1. Masuk ke halaman situs https://portalapp.iconpln.co.id/acmt/
  2. Silahkan masuk melalui username dan password yang anda miliki.
  3. Mulai unduh aplikasi ACMT.
  4. Ijinkan sumber tidak dikenal. Pengaturan > Keamanan > Pilih Sumber Tidak Dikenal
  5. Klik OK
  6. Mulai install aplikasi dan tunggu porsesnya hingga muncul tombol Finish
  7. Selesai

Untuk cara install aplikasinya sederhana saja, yang layaknya install aplikasi-aplikasi pada umumnya. Namun yang berbeda karena bersumber dari yang tidak terkenal maka perlu memberikan izin dulu.

Akhir Kata

Nah, itulah mengenai penjelasan aplikasi catat meter terpusat, dengan segala fitur-fitur yang mempermudah petugas lapangan dan cara download telah kami tuliskan informasinya di atas. 

Sekarang anda sebagai petugas tidak perlu repot mengumpulkan data pelanggan KWH pascabayar secara manual. Untuk cara menggunakan aplikasi catat meter terpusat silahkan anda mulai kulik saja, dan sebaiknya tanya kepada petugas yang berpengalaman.

Terima kasih telah mengunjungi simpletekno, semoga artikel dapat bermanfaat bagi anda selaku petugas PLN.

Leave a Comment